KISAH KU (LDR)

KISAH KU (LDR)

Long Distance Relationship, begitulah banyak orang menyebutnya. Sebuah kisah cinta penuh cerita. Cerita tentang pengorbanan, cerita tentang kesetiaan, tentang kesabaran, tentang kedewasaan, tentang perselingkuhan hingga cerita tentang putus di tengah jalan.


“ku kayuh sepeda kumbangku….
ku berkhayal andai dapat mengantarkanku, sampai ke rumahmu…
seandainya aku bisa terbang
kan ku jelang kekasih….”


Memutuskan untuk tetap berpasangan saat mata tak saling melihat adalah hal yang luar biasa. Meski untuk itu seseorang harus siap Lelah Diterpa Rindu. Meski untuk menjalaninya seseorang perlu sekuat tenaga meredam cemburu. Cemburu pada keramaian, saat melihat sepasang manusia lainnya saling menggenggam tangan, ia hanya menggenggam angin. Saat hujan sepasang manusia berpayung berduaan, aku berpayung dengan siapa ?. Saat Sabtu malam tiba, semua orang keluar merenda kasih, aku hanya jadi penunggu rumah kos, menatap layar laptop sambil memegang tisu. Ketika di dalam cafe semua meja penuh berpasangan, meja miliknya justru selalu menyisakan satu kursi kosong. Ini tak adil, bukan ?.
Memutuskan untuk tetap berpasangan saat raga tak saling dekat adalah hal yang luar biasa. Meski untuk menjalaninya seseorang harus siap mendengarkan banyak suara-suara miring tentang nasib pelaku LDR, tentang kisah cinta jarak jauh yang kerap berujung antiklimaks.
Antiklimaks dalam hubungan jarak jauh sebenarnya kerap juga terjadi dalam kisah cinta jarak dekat pada umumnya. Hanya saja antiklimaks dalam LDR terasa lebih menyesakkan karena sering dibumbui cerita hadirnya orang ketiga. Antiklimaks dalam LDR juga terasa lebih menguras perasaan jika mengingat pengorbanan yang sudah dipersembahkan untuk mencoba mengerti dan percaya satu sama lain.
Cerita cinta jarak jauh memang kerap melahirkan banyak ending yang mengundang empati. Dan suara-suara miring tentang akhir cerita sebuah LDR membuat banyak pelakunya takut menjalani. Cerita-cerita antiklimaks hubungan LDR akhirnya sering membuat pelakunya ragu untuk tetap saling mempertahankan. Buat apa menjalani cinta begini jika akhirnya juga akan sendiri ?. Untuk apa tetap berdua jika ini hanya sebuah jomblo yang tertunda ?.
Semua orang tahu apa itu LDR. Tapi hanya pelakunya yang mengerti pasti rasanya menjalani kisah cinta jarak jauh. Mereka bahagia tapi kadang juga menderita. Mereka mencoba saling percaya tapi sering tak bisa mengelak dari rasa curiga. Menuntaskan rindu lewat suara di ujung telepon atau tatap muka lewat video tidak pernah bisa mengganti tatapan mata secara langsung. Pesan saling menguatkan kadang terasa hambar tanpa pelukan. Apalagi jika masalah melanda, menyelesaikannya dari sambungan telepon kadang malah memperburuk keadaan. Pada akhirnya mereka yang menjalani LDR kerap merasa hubungan mereka seperti bohong belaka. Mereka terikat janji tapi seperti tak memiliki, jadi apa bedanya dengan para single lain ?. Pikiran-pikiran itu akhirnya sering membuat para pelaku LDR merasa lelah.
Bicara itu mudah, berjanji dalam hati juga tidak sulit. Tapi tak ada yang lebih tahu perasaan tersiksa dari hubungan jarak jauh kecuali mereka para pelaku LDR. Tersiksa oleh rasa curiga dan cemburu. Tersiksa oleh kekhawatiran akankah hubungan ini akan bermuara indah atau hanya akan berakhir sama seperti cerita-cerita korban LDR ?. Sebenarnya tak ada beda yang benar-benar nyata antara cinta jarak dekat dan cinta jarak jauh. Selagi ada niat menjaga hati, semua masalah bisa teratasi.
Jodoh memang sudah dituliskan dalam suratan Tuhan. Tapi menyerah bukan cara yang dianjurkan Tuhan. Memutuskan untuk tetap berpasangan dalam rentangan jarak yang jauh adalah hal luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang pilihan. Siapa bilang cinta jarak jauh hanya menghadirkan rasa jenuh ?. Justru sebaliknya, pelaku LDR adalah orang-orang yang diberikan banyak perasaan istimewa. Hanya pelaku LDR yang memahami indahnya pertemuan setelah menyimpan rindu sekian lama. Hanya pelaku LDR yang bisa menghargai pengorbanan pasangan melintas ratusan kilometer untuk bisa tiba di muka rumah, mengetuk pintu, dan mengucap “hai…”. Hanya pelaku LDR yang bisa merasakan indahnya kejutan surat di muka pintu atau berdebar-debar menanti layar skype dan chatting terbuka. Dan hanya pelaku LDR yang bisa menguji cintanya lewat ujian-ujian yang tak dialami orang lain.
Menjaga hati memang tak mudah. Apalagi ketika konflik batin dan pikiran beradu. Ketika hati ingin bertahan, tapi pikiran justru diserbu banyak godaan. Hubungan ini memang berkomitmen tapi tak pasti. Untuk apa menjaga hati jika akhirnya sendiri ?.  Rasa semacam itu kerap sekali membuat pelaku LDR tersiksa. Siksaan yang kerap menggoda para pejuang LDR untuk menyerah.
Tapi lihatlah, banyak orang yang sanggup lewati waktu dengan bahagia. Banyak orang yang dengan sederhana menjalani harinya di kejauhan hingga akhirnya bisa menjemput pasangannya di hari bahagia. Banyak pejuang LDR yang diam-diam tanpa banyak kata bisa membingkai cerita cinta abadi.
Tak ada satupun jenis hubungan, entah LDR, entah jarak dekat yang selalu berjalan mulus. Tapi banyak pejuang LDR yang berhasil melalui hari menembus jarak dan meraih bahagia. Sebaliknya, banyak pasangan satu kampus yang bubar jalan di tengah semester. Jadi apa yang ditakutkan dalam sebuah hubungan LDR selagi ada komitmen dan kesungguhan hati untuk saling menjaga dan percaya ?. Rasa curiga dan cemburu jadikanlah anugerah untuk saling mengingat. Rindu yang berkepanjangan jadikanlah pupuk untuk menyemai pertemuan yang lebih berarti di masa nanti. Bukankah rasanya indah memiliki kesetiaan dari dan untuk pasangan ?.
Bagaimana dengan orang ketiga ?. Takkan datang orang ketiga kecuali sengaja diundang. Jadi selagi hati kita terjaga untuk tak bermain dan mengundang pemeran pengganti, kita pun bisa berharap pasangan yang jauh di sana akan bertindak serupa. Godaan terhebat pun takkan pernah tega menghampiri mereka yang setia.
Banyak buku dan petuah orang ternama yang berusaha memberikan tips sukses menjalani hubungan jarak jauh. Tapi semua itu sesungguhnya cukup dirangkum lewat dua hal yaitu cinta dan syukur. Mensyukuri anugerah cinta apapun keadaannya akan membuat orang semakin dewasa. Demikian juga dalam hubungan jarak jauh ini, rasa syukur dapat mengatasi segala rintangan dan rentangan jarak.
Jangan melihat antiklimaks dari pelaku LDR yang gagal menjaga hati. Itu bukan karena jarak yang memisahkan, tapi karena cintanya yang tak ada. Jangan merangkum cerita dari para korban LDR yang gagal setia tapi berdalih jomblo yang tertunda. Itu bukan karena jarak yang terentang jauh, tapi karena hatinya yang mudah tergoda.

"Di saat engkau di sana... kadang langit terasa gelapnya..
walau ke ujung dunia .. pasti akan ku nanti
meski ke ujung samudra pasti ku kan menunggu " 

Terimakasih sudah berkunjung
jangan lupa follow IG nya ya (^_^) "@rasyid_iq"




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by RASYID IQBAL, Published at 18.36 and have 56 komentar

56 komentar:

  1. Berat memang untuk menjalaninya... Tp dgn cinta dan syukur aku masih bisa bertahan.. Tulisan yang menarik..

    BalasHapus
  2. ya :)
    saya senang menjalani hubungan jarak jauh ini :)

    BalasHapus
  3. BAgus kak, masih ldr nyampe sekarang?;)
    Ijin share ya kak :) makasih

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak utk tulisannya. ijin share juga ya kak..

    BalasHapus
  5. Huhuhu.. Buat nangis bacanya.. :'( ldr ini sungguh menyiksaku.. Makasih ya artikel ini menguatkanku.

    BalasHapus
  6. Iyah aku bgt aku yg ngaamin bget kisah ini😒

    BalasHapus
  7. Iyah aku bgt aku yg ngaamin bget kisah ini😒

    BalasHapus
  8. Kata katanya meneyentuh hati banget kak. ijin copas beberapa kalimat ya kak :)

    BalasHapus
  9. Aku sudah dua kali LDR. LDR yang pertama gagal karena si dia ternyata mendua, bahkan tiga. LDR kali ini aku mencoba untuk ekstra berjuang supaya nggak gagal seperti kemarin. Tapi tetap saja, perasaan trauma karena dikhianati masih tetap membayangi. Kebetulan, pacar yang sekarang cuek banget, jadi bagi dia nggak kasih kabar seharian adalah sesuatu yang harusnya bisa aku maklumi. Tapi bagiku, hal itu bikin was-was. Harus gimana ya :'(

    Satu sisi aku ingin bertahan, di sisi lain aku gak yakin dia sesetia itu padaku. Aduh maaf jadi curcol :-P

    BalasHapus
  10. Aku sudah dua kali LDR. LDR yang pertama gagal karena si dia ternyata mendua, bahkan tiga. LDR kali ini aku mencoba untuk ekstra berjuang supaya nggak gagal seperti kemarin. Tapi tetap saja, perasaan trauma karena dikhianati masih tetap membayangi. Kebetulan, pacar yang sekarang cuek banget, jadi bagi dia nggak kasih kabar seharian adalah sesuatu yang harusnya bisa aku maklumi. Tapi bagiku, hal itu bikin was-was. Harus gimana ya :'(

    Satu sisi aku ingin bertahan, di sisi lain aku gak yakin dia sesetia itu padaku. Aduh maaf jadi curcol :-P

    BalasHapus
  11. Pasangan LDR jangan pernah beriri hati, karna yang selalu dekat terkadang gak sekuat pelaku LDR, klo terkadang merasa sepi itu manusiawi tapi jangan buat bermain api,alangkah lebih baik kita bersabar dan berusaha bagaimana cara nya kita bisa bertemu untuk melepas rindu

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. berat memang untuk menjalani hubungan ldr, hanya org2 tertentu yg bisa menjalaninya. jujur, terlalu banyak godaannya. harus punya rasa 'percaya' terhadap satu sama lain. harus kuat menahan rindu juga😊. btw, makasih yaa artikelnya! aku suka banget dan aku jd tambah kuat buat jalanin ldr ku sama pasanganku😊

    BalasHapus
  14. berat memang untuk menjalani hubungan ldr, hanya org2 tertentu yg bisa menjalaninya. jujur, terlalu banyak godaannya. harus punya rasa 'percaya' terhadap satu sama lain. harus kuat menahan rindu juga😊. btw, makasih yaa artikelnya! aku suka banget dan aku jd tambah kuat buat jalanin ldr ku sama pasanganku😊

    BalasHapus
  15. LDR emang ga mudah,, aku juga saat ini lagi menjalin hubungan LDR. Aku di tinggal dia pendidikan TNI tanpa ada komunikasi sedetikpun. Entah apa yang sebenarnya terjadi dengan nya, aku tak tau!!! Gatau dia masih inget sama aku apa ngga? Gatau dia masih sayang sama aku apa ngga? Gatau dia masih ngejaga komitmen kita apa ngga? Gatau dia masih inget janji nya sebelum kita pisah apa ngga? Yang jelas apapun keadaan nya saat ini aku tetap bersyukur dan serahkan semuanya pada tuhan. Ketika kita sudah berusaha dan berjuang namun hasil tak sesuai harapan percayalah tuhan telah menyiapkan rencana indah dibalik masalah yang menurut kita berat tuk di lalui nya. Tuhan tak pernah tidur dan tuhan itu adil. Apa yang kita tanam sekarang adalah apa yang akan kita tuai di kemudian hari, jadi jangan khawatir buat para pasangan yang LDR. Ikhlaskan hati buat menjalani nya dan berfikir positif selalu tentang pasangan ingatlah tuhan akan memberikan kebahagiaan yang tak terhingga dan melebihi dari apa yang kita mau selama kita sabar dan bersyukur dengan apapun keadaan nya!!!

    BalasHapus
  16. Cerita itu seperti alur cerita dari kisah cintaku kak :) aku juga mengalami hal yang sama seperti cerita kkak . aku LDR udah setahun lebih dan tidak pernah adaa rasaa bosan dan masih setia belum mengenal bagaimana rasanya bertengkar m izin share kak ya . makasi kak

    BalasHapus
  17. Beberapa hari lagi gw mau mulai kisah LDR gw sama cew gw, awalnya ga yakin, tapi thaks untuk motivasinya gan :)
    Btw netes bacanya :v

    BalasHapus
  18. Lagi jalanni LDR, tapi pihak keluargaku g setuju.. dan skrg dia sedang dalam kondisi koma.. :'( what should i do..

    BalasHapus
  19. Aku udah 4th jalanin LDR jogja-malang. Sekarang harus LDR jogja-riau.��

    BalasHapus
  20. sangat menginsiratif untuk orang yang menjalani ldr

    BalasHapus
  21. semangat semoga langgeng , dulu saya menjalani LDR Lampung - Jember selama 3th , swkarang alhamdulilah sudah bareng terus .

    BalasHapus
  22. Iya jadi ada semangat buat saya dalam menjalani LDR ini. Keseriusan kami,komitmen kami, kepercayaan kami,rasa sayang dan saling menghargai kami semoga bisa happy ending jadi nya, aamiin. Sekarang hanya bisa berdoa untuk masing masing agar jadi yang terbaik. Walau beda negara, susah ketemu nya tapi waktu disaat kami bersama nanti itu yang paling aku nantikan. Terima kasih ka atas post nya good job.

    BalasHapus
  23. alhamdulilah kalok banyak yang suka

    BalasHapus
  24. saya juga mengalami LDR dan sekarang memasuki 4 bulanan, kitanya bertemu di game, dan akhir-akhir ini saya rada kesel sama dia, karena selama pacaran 4 bulan kitanya ga pernah video call, setiap aku ngajak dia nya banyak alasan. padahal kita nya udah berkomitmen buat serius. dan karena dia nya bersikap seperti itu saya rasa dia hanya bermain-main dengan saya :(

    BalasHapus
  25. disini ada orang lampung gk,,?? saya ldr ran sama orang lampung..

    BalasHapus
  26. Saya dari lampung... semangat ya yg ldr an saya jg nih selalu semangat walau kadang . . . Lelah ditimpa rindu :(

    BalasHapus
  27. Lagi bener-bener capek, jenuh, bosen, lelah ngejalanin hubungan ldr jogja-lampung. Setelah baca ini jadi semangat dan tambah kuat. Makasih kak tulisannya bikin semangat ldr 😊😊

    BalasHapus
  28. Jalanin LDR itu kebanyakan akan kegagalan

    BalasHapus
  29. Trimakasih banyak atas kunjungannya . semoga tulisan saya bermanfaat. Semangat yang lagi menjalani LDR , Salam dari JOGJA

    BalasHapus
  30. sama sama makasih udah mampir k blog saya ya

    BalasHapus
  31. ya ampun ceritanya bikin sedih.. tapi aku tau rasanya rasanya sakit hati gara" LDR
    aku tunggu lagi ceritannta kaka

    BalasHapus
  32. blog nya menarik sekali, kaka kaka aku mau ngenalin nih service IPHONE,MACBOOK,IMAC,IWATCH,DLL yuu langsung kunjungi JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    BalasHapus
  33. 😭😭😭... Antara Malaysia - Taiwan...
    Aboott vrooohh

    BalasHapus
  34. http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/06/suami-nekat-bunuh-istrinya-yang-sedang.html

    http://marimenujudomino206.blogspot.com/2017/06/komnas-ham-minta-kasus-rizieq-shibab.html

    http://detik206.blogspot.com/2017/06/nikita-mirzani-sempat-menangis-saat.html

    http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/06/sebelum-meninggal-dunia-jupe-sempat.html


    HALLO TEMAN-TEMAN DAFTARKAN SEGERA DIDOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN TEMAN-TEMAN^_^

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683

    BalasHapus
  35. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    BalasHapus
  36. Kamu ingin mendapatkan Jutaan di dalam permainan game online?
    Gabung yuk di GADISPOKER dan ikuti dalam permainan yang ada di dalam nya.
    untuk info lebih lanjut silakan kunjungi situs kami di www,gadispkr,net
    atau kamu bisa menghubungi kami di :
    -LIVE CHAT : www,gadispkr,net
    -BBM D8C893A4
    -WHATSAPP +855966624192

    KEPUASAN ANDA ADALAH KEBANGGAAN KAMI..!!!
    GADISPOKER

    gadispoker

    BalasHapus
  37. yang pengen konsisten, tetep komunikasi bismillah...

    BalasHapus
  38. Duh gmnaaaaa gt bacanya... Gak kuat πŸ˜•πŸ˜•

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. buuh perjuangan berat nih buat yang LDR-an hehe

    BalasHapus
  42. Tadi gw search cerita bokep kenapa malah ini

    BalasHapus
  43. Sekarang ini aku lg menjalani ldr tp aku tetap sabar menunggu dia sampai selesai dinas

    BalasHapus